Rabu, 01 November 2017

Garuda Indonesia Goes to Campus

Garuda Indonesia datang ke Universitas Ma Chung sebagai pembicara dalam seminar di mata kuliah pemasaran internasional. Hal ini juga merupakan salah satu program Garuda Indonesia, yaitu Garuda Indonesia Goes to Campus. Seminar diadakan pada tanggal 26 Oktober 2017 di theater room bhakti persada Ma Chung. Seminar dilaksanakan dengan mengusut tema technopreneur. Selain Garuda Indonesia seminar ini juga mendatangkan bapak Michael sebagai perwakilan dari perusahaan MyKargo, sedangkan dari Garuda Indonesia mendatangkan bapak Wahyu dari tim sales dan marketing.
Materi pertama dibawakan oleh bapak Wahyu. Di sini bapak Wahyu menjelaskan mengenai pentingnya melakukan bisnis secara internasional, terutama dalam bidang ekspor. Ekspor dapat meningkatkan pendapatan negara. Jika dilihat dari sisi perusahaan, ekspor dapat dilakukan untuk menjangkau pasar yang lebih luas dan tentu dapat menambah penghasilan berlipat ganda. Pak Wahyu memberikan contoh mengenai harga sebuah keripik jika dijual dalam negeri hanya sekitar 10.000 rupiah, namun jika sudah diekspor keripik tersebut dijual dengan harga 60.000 rupiah di negara yang bersangkutan. Namun, ekspor tidak bisa sembarang dilakukan, kita harus melihat kualitas produk dan target pasar yang sesuai untuk melakukan ekspor.
Materi kedua dibawakan oleh bapak Michael selaku perwakilan dari perusahaan MyKargo. MyKargo merupakan perusahaan berbasis aplikasi di smartphone. MyKargo merupakan perusahaan yang berjalan di bidang logistik. Jadi dengan MyKargo, konsumen dapat melakukan pengiriman atau pembelian barang dengan mudah, hanya tinggal melalui aplikasi di handphone.
Pemaparan materi ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa, karena dalam mata kuliah pemasaran internasional, mahasiswa dituntut untuk menerapkan teori ke dalam dunia nyata. Dalam hal ini, mahasiswa tergabung dalam nusantara project. Dalam project ini, mahasiswa memberikan ide dan perinciannya untuk memasarkan produk dari suatu perusahaan lokal yang masih belum go internasional. Pemaparan materi dalam seminar ini membantu mahasiswa untuk mengerti mengapa sebuah perusahaan perlu melakukan ekspor dan mahasiswa mendapat pengetahuan dalam cara mengirim barang ke luar negeri melalui jalur udara.
Setelah saya mengikuti seminar itu, saya mendapatkan pengalaman yang luar biasa, Terutama mendengar dari dua narasumber berbeda namun berada dalam bidang usaha yang sama yaitu logistik. Dari dua narasumber tersebut, saya melihat bahwa perkembangan teknologi sangat cepat, dan dua narasumber tersebut dapat memanfaatkan perkembangan teknologi tersebut. Garuda Indonesia melihat teknologi semakin cepat berkembang membuat e-commerce semakin merajalela sehingga Garuda membangun sebuah program baru bernama GO Express yang bergerak di bidang logistik. MyKargo memanfaatkan teknologi untuk membangun sebuah sistem logistik baru yang sangat memudahkan konsumen baik pembeli maupun penjual dari e-commerce­. Melihat dua narasumber tersebut membuat saya sadar untuk tidak bisa menyepelekan teknologi, untuk itu dalam program nusantara project saya, saya akan memanfaatkan teknologi yang ada dengan maksimal. Pemasaran melalui media sosial dan internet terlihat semakin hari semakin berkembang. Untuk itu perusahaan yang menjadi klien saya, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata, tentu branding menggunakan media online akan sangat membantu dalam membangun nama perusahaan.

Info project: http://nusantaraproject.org
#nusantaraproject #liemgaisin #seminar dengan garuda indonesia dan mykargo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Resistance Bands Free Blogger Templates